Audit Pertama

Yeaayyy…Akhirnyaaaa… lepas juga beban selama hampir 2 bulan ini.

Selama satu bulan ini saya merasa agak ketar-ketir sendiri, sebenarnya sih sepele yah. cuma diaudit ajah gitu. tapi yang bikin ketar-ketir adalah si bos Jepangku ini. Beliau ini udah dari dua bulan yang lalu cc berbagai macam email mengenai pembahasan apa saja yang mau diaudit. masih lumayan lah kalau email yang di cc-in pakai bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Lah ini pakai bahasa Jepang. huhuhu, saya mana ngerti. mencoba translate dengan bantuan om google, bokk pembahasannya berat amat, dan yang pasti apa yang dibahas tak pernah saya handle. dalam hati udah bisik-bisik hati. “Doh, gw kok gak tau yang ini sih?kok gw gak punya salinan dokumentnya, atau gw yang lupa” *jeder, mulailah saya kepo ke si bos apa aja yang mesti disiapkan. tambahan kerjaan di kantor pun menumpuk, selain kerjaan rutin dari pagi sampai siang, sore saya mulai review semua berkas-berkas yang kira-kira dibutuhkan pada saat audit nantinya.

Jujur aja sih agak parno juga menghadapi audit ini, saya yang sudah bekerja lebih dari setahun disini memang belum pernah merasakan audit.  dan dari cerita temen-temen yang di Singapore dan dari cerita si bos Jepangku semua mengatakan kalau auditornya galak dan keras, huaaaa… beneran langsung parno dan kepikiran audit aja terus setiap hari.

Makin mendekati harinya makin parnolah saya…

begitu hari H-audit itu tiba yang mana bertepatan dengan hari 1 tahun pernikahan saya. Bos saya malah menambah kepanikan dengan pertanyaan. “Are you ready?” Bokkk, pengen langsung merosot ke kolong meja deh rasanya.

Ditambah lagi si Bos ini gak kasih tau jadwal saya di audit itu kapan, makin parno aja saya. tapi ternyata setelah kenalan sama si auditor, saya baru tau kalau  jadwal saya diaudit itu ternyata besoknya, huaaahh, pengen ngejutekin si bos rasanya saat itu juga.

Nah, besoknya saya diaudit setelah makan siang, bersama dengan seorang akuntan dari kantor konsultan yang mengurusi akunting di kantor saya. tugas saya disitu ngapain aja? cuma jadi translator aja ternyata, karena yang kebanyakan di tanya adalah si akuntan, dan karena si akuntan itu kurang pede pakai bahasa Inggris, jadilah saya disuruh mintai tolong untuk mentranslatekan pertanyaan dan jawabannya.

setelah saya dan si mas akuntan itu diaudit, saya baru mikir kenapa dari kemarin saya heboh dan parno sendiri karena mau diaudit. padahal cuma ditanya-tanya aja kok apakah pekerjaan kita itu sesuai dengan prosedur di perusahaan itu atau gak dan apa yang dijelaskan sama si mas akuntan itu udah pernah juga dijelaskan kepada saya. Hahhaha, jadi malu sendiri karena udah ngebayangin yang aneh-aneh.

Mungkin ada juga blogger yang punya pengalaman yang sama??

About Neng Rina

a 'new' nyonyah di dalam keluarga baru (kecil), yang terus belajar dan menulis.

Posted on March 20, 2012, in Kerjaan, Office Matters and tagged , , . Bookmark the permalink. 16 Comments.

  1. Seumur hidup gw ngindarin pelajaran akunting dan tugas-tugas macam gini. Am the stupid one about economy dech Cin…tapi kenapa hari ini gw dapat tugas translet laporan keuangan??? KENAPAAAAA? *emosi salah tempat*😀

    • Buahahahha, nikmatilah Dev, sesungguhnya setelah itu kau akan bernafas lega seperti gw *dalil darimana ini??*

      Untung gw pakai konsultan, semua masalah lempar ke mereka😆
      *sudah bisa tertawa bahagia sekarang*

  2. Audit ya? dulu sempat dapat pelajaran auditing siih,, tapi seringnya tidur di kelas. hahahha

  3. Ah, yang penting sekarang Mbak udah lega….:mrgreen: Plong rasanya!😀

  4. kalos aya sih.. ntar kebagian jadi yang ngaudit kayaknya.. ahahahaha

  5. gak pernah diaudit.. tapi dulu pernah mengaudit.. ya iya lah namanya juga auditor. hahaha

  6. Memang gitulah perilaku kebanyakan orang kalau mau diperiksa. Suka parnoan sendiri. Padahal mah santai aja selama gak “ngapa-ngapain”.😀

  7. sekarang sudah lega dong🙂 … aku sih belum diaudit

  8. suka dengan fotography yah

Mari berkomentar dengan bijak

