Baby Tantrum

Akhir-akhir ini pusing banget lihat Najwa yang lagi seneng-senengnya tantrum dirumah. 

Tantrum merupakan fase ketika anak Anda mengalami kemarahan luar biasa dengan karakteristik frustasi, dilanjutkan dengan menangis, berteriak, dan pergerakan badan yang berlebihan, termasuk melempar barang, menjatuhkan diri ke lantai, dan lain-lain.

 

sumber: http://www.parenting.co.id/article/balita/atasi.tantrum.pada.anak/001/003/321

 

Pada umumnya temper tantrum dapat dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu usia dibawah 3 tahun yang sering diekspresikan dengan menangis, memukul, menjerit, menendang bahkan dalam kasus yang parah adalah membentur bentur kepalanya ke tembok. kedua pada usia tiga sampai empat tahun dengan ekspresi kemarahan yang diungkapkan dengan membanting, merengek, mengkritik bahkan sampai menghentak-hentakan kaki. Terakhir adalah pada usia 5 tahun ke atas dengan mengkritik diri sendiri, memukul bahkan yang lebih parah merusak benda benda yang ada disekitarnya.

Penyebab terjadinya temper tantrum diantaranya adalah terhalangnya keinginan anak anda dalam mendapatkan sesuatu, ketika tidak berhasil dalam memenuhi keinginannya maka kemungkinan anak anda melakukan beberapa ekspresi-ekspresi kemarahan, selain itu temper tantrum dapat disebabkan oleh ketidakmampuan dalam mengungkapkan keinginan diri anak anda sehingga anak anda menuntut anda untuk memahaminya, sedangkan selanjutnya adalah perasaan tertekan yang dialami oleh anak anda sehingga melepaskan stress yang dialaminya.

Sumber :Cara Mengatasi Temper Tantrum pada Anakhttp://bidanku.com/cara-mengatasi-temper-tantrum-pada-anak#ixzz38JdItpPA

 

Jadi ceritanya dari umur 16bulan sebelum bobo siang, Najwa sering nonton video dirinya dan video indonesia pintar eat bulaga (di youtube) di tab gw. Nah, ga tau kenapa, akhir-akhir ini si nona kecil ini jadi makin jarang bobo siang dan lebih milih untuk nonton atau main. well, namanya juga anak-anak yaa. 

Karena keseringan nonton di tab gw, kerjaan gw jadi agak terhambat, mulailah gw bersikap jadi emak-emak pelit ke Najwa alias ga boleh minjem tab mbu kalau mbu lagi kerja. 

ternyata sikap gw yang berubah pelit itu, berdampak banget ke Najwa. Dia jadi sering tantrum sekarang. Kalau lihat gw pegang tab, langsung ditarik sama Najwa, ga dikasih marah, guling-gulingan di lantai sambil nangis histeris. yang akhirnya, membuat gw ngalah demi ga denger dia menjerit-jerit karena ga bisa pegang tab gw. 

Pernah gw mencoba untuk mengalihkan perhatiannya dengan nonton dari laptop, tapi karena excited yang berlebihan kalau lagi nonton, saking senangnya bisa sampai mukul-mukulin laptop. akhirnya dihentikanlah menonton dari laptop dan balik deui nonton di tab.

Gak mudah untuk membuat Najwa berhenti dari tantrumnya. sampai saat ini gw masih mencoba bagaimana menghentikan tantrumnya tanpa merubah sikap gw ke Najwa. 

Gw memang bukan tipe emak-emak yang suka nonton acara-acara parenting anak. gw lebih suka baca ataupun googling tentang parenting. Jadilah dari kemarin ini kerjaan gw googling melulu. 

Ternyata “mengalah” demi ga mendengar Najwa nangis histeris, adalah hal yang salah. Itu malah membuat Najwa makin menjadi bad temper banget. Kelihatan dari sikap-sikap dia yang ga cuma nangis histeris kalau ga dikasih apa yang dia mau, tapi ketika barang yang dia inginkan sudah dia dapatkan, barang itu akan di banting bahkan di lempar sebagai bentuk kemarahan dia. *emaknya nangis dipojokan*

Well, i’ve changed my mind, back to be emak-emak pelit nan tega ke anak. 

Setiap kali Najwa minta tab gw untuk dia pakai nonton, gw akan menunda permintaan dia dengan mengalihkan perhatiannya. ngajak dia main, ajak lihat ikan di akuarium, ataupun baca buku. Pengalihan perhatian memang ga lama, karena ketika dia mulai ingat kembali apa yang dia mau, dia akan kembali ke meja kerja gw dan mencoba meraih tab gw dan buku-buku atau apapun yang mau dia ambil. Kalau udah gini, gw biarin deh dia nangis, gw pergi ke kamar, ambil bantal dan pura-pura tidur. dan it works, dia malah minta ikutan tidur. wkwkwkwk.

Terkadang sambil ngelonin Najwa, gw sering banget ngomong ke dia tentang kejadian hari ini, sikap dia ke gw, sikap gw ke dia, mencoba untuk berkomunikasi dengan Najwa walaupun pada akhirnya akan dijawab dengan jawaban-jawaban lucu dan menggemaskan.

Masih bersabar?? masih banget.. Masih belajar?? masih banget.

Banyak hikmah dan pelajaran yang gw ambil dari tantrumnya Najwa. Belajar sabar, belajar ikhlas, belajar memahami, belajar mengenal, dan yang terpenting belajar untuk mulai berkomunikasi sama Najwa, Gak mudah memang memahami apa yang diinginkan oleh seorang anak balita umur 18bulan. terutama buat gw yang masih belajar. Tapi terus berusaha dan belajar semoga badai tantrum ini akan segera berlalu. :D

 

Balita centil nan menggemaskan yang lagi hobi tantrum.. semoga badai tantrum segera lewat ya nak

Balita centil nan menggemaskan yang lagi hobi tantrum.. semoga badai tantrum segera lewat ya nak

Mbuuuuuu….

 

siapa sih mbu? kenapa dipanggil mbu?

well, sebenarnya sih karena anak kecil bernama Najwa ini belum fasih memanggil ibunya dengan sebutan ‘IBU’. berkali-kali diajarin untuk panggil Ibu, tetap aja manggilnya “Mbuuuu”

Sebelum Najwa lahir, gw tuh pengen banget dipanggil ‘AMBU’ yang artinya ibu, kalau dipanggil Ambu berarti pasangannya dengan Abah donk ya, tapi langsung ditolak oleh Nazar. hihhi

Pengen dipanggil Ummi dan Abi supaya lebih Islami, lagi-lagi ditolak oleh Nazar. 

Trus maunya dipanggil apa donk?? Nazar maunya dipanggil Papa dan Mama, dan langsung eyke tolak. agak rancu aja nanti kalau Najwa manggil “Mamaaaa” yang nengok gw sama Mama gw. Hihihihi

Kenapa ga Bunda aja?? sorry banget ya, tetangga gw ada 5 ibu-ibu muda yang dipanggil Bunda, masa eyke harus jadi yang ke-6 sih?? jadi yang kedua aja ogah apalagi yang ke-6. ehhh??

Akhirnya disepakatilah panggilan Ayah dan Ibu untuk gw dan Nazar. dan ternyata di awal masa2 belajar ngomong, Hampir semua anak bayi termasuk Najwa memanggil Mama dan Papa untuk kedua orang tuanya. 

Karena sekarang sudah sangat cerewet sekali, semakin mudah juga untuk gw mengajari Najwa beberapa kata. Termasuk panggilan Ayah dan Ibu, Untuk awal-awal belajar, Najwa sukses manggil Ayahnya dengan lancar. tapi untuk memanggil IBU ke gw, gagal terus, yg keluar malah mbuuuu dan mbuuuu #pukpuk mbu

Akhirnya pasrah saja sambil terus ngajarin Najwa untuk manggil Ibu tanpa mengganti huruf I jadi M, hihihi. kalaupun mentok sampai dewasa manggilnya mbu, yaudah lah ya, yang penting ga berubah jad mbeeee ajeee. hihihi

semoga sebelum ulang tahunmu yang kedua sudah bisa manggil IBU ya nak.. :D

Selamat Berpuasa

Hallo Assalamualaikum…

I am Back

*tiup2in debu*

udah lama banget ga ngeblog, kangen sih pasti ya, apalah daya lebih sibuk main sama anak dan haha hihi di path ketimbang ngeblog lagi. #janganditiru

well, selamat berpuasa buat temen-temen yang melaksanakan, yang ga puasa please jangan posting makanan di path, apalagi menjelang beduk maghrib, bikin pengen batal cepet-cepet. hihihihi

Puasa tahun ini Alhamdulillah disambut dengan riang gembira, kenapa? akhirnya bisa puasa lagi. 2 tahun ga bisa puasa itu rasanya ga enak. tahun 2012 ga bisa puasa karena lagi hamil dan masih dalam masa berat kehamilan. tahun 2013, mencoba untuk puasa, tapi badan lemes dan haus berkepanjangan karena najwa masih ASI saat itu. walaupun sudah mpasi, tapi tetap aja lebih kenceng mimik asinya ketimbang makannya.

Alhamdulillah tahun ini bisa puasa, dan najwa bisa mengerti kalau mbunya lagi puasa.

well, seneng banget punya baby seperti najwa, habis buka puasa, sholat maghrib dulu baru najwa ngajakin bobo (emaknya sih ga ikutan bobo) setelah najwa bobo, sholat isya lalu kerja. *nasib emak2 bisa kerja kalau anak sudah tidur #tetapbersyukur

Selamat berpuasa semuanya, semoga saya bisa kembali aktif nulis blog, pengen rasanya cerita-cerita tentang perkembangan si kecil di blog #semoga kemalasan ini segera menjauh

 

Cerita Melahirkan.. #1

Akhirnya diposting juga ni draft, iya, ni draft udah lama ngendon di draft dan lagi-lagi ngerekap cerita.. gpp ya itung2 melatih otak yang udah mulai pikunan untuk mengingat kembali apa yang sudah terjadi kurang lebih 9bulan terakhir.. dan mulai sekarang kalau posting cuma bisa malem2.. maklum nama pun ibu rumah tangga, siang urus si baby, beres2 rumah dan ngurusin toko online, trus malem kelonin anak :D

Yuk akh, dilanjut jeng… *bakal panjang deh ni postingan, mumpung Najwa udah tidur* hehehehe

30.12.2012

H-13 HPL (due date), 2minggu sebelumnya dokter eyke udah prediksi kalau gw bakal ngelahirin akhir tahun, tapi sampe tgl 30 Desember yg mana tepat di hari kontrol rutin, belum ada tanda2 bakal melahirkan juga donk. Setiap di usg, kondisi janin selalu dalam kondisi normal dan baik, air ketuban pun masih oke *gmn gak oke, selama hamil minumnya kayak onta yg mau dinas ke padang pasir, hihihi…* tapiiiii… ternyata si babyinside ini belum masuk panggul juga donk… padahal udah masuk 39weeks.. setiap pagi pun rutin jalan pagi, jalan ke pasar buat beli susu kedelai doank, keliling mall sampe spg2 di kerfur atopun matahari udah bosen liat ibu-ibu gendut bawa gembolan di perutnya mondar-mandir tapi belanjanya sebulan sekali.. huahahaha… eh, malah si babyinside ini belum mau turun ke panggul. Akhirnya dokter ganteng ituh nyuruh usg 4d utk ngeliat apa ada yg menghalangi dia turun ke panggul. Karena gw yakin kalo si baby inside ini bakal ngajak lahir kalau sudah tiba waktunya, akhirnya gw abaikan sajalah suruhan si dokter ganteng untuk usg 4d.

Memang dari awal jg gw ogah usg 4d, selain mehong, mending liat aslinya kan daripada liat dipoto, takutnya di usg 4d mirip kate winslet eh pas nongol malah beda *patah hati deh bapake*. Sampai-sampai tiap malem kita sampai hampir berbusa ngomong ke janin buat ajakin lahir dan nyeritain segala hal yang indah-indah tentang dunia. Tetep aja si babyinside ini betah aja nangkring di atas panggul, padahal pinggang eyke rasanya udah mau copot euy karena tekanan si babyinside, but rasa sakit di pinggang itu ternyata belom ada apa-apanya ya, alias baru tekanan bukan pertanda mau melahirkan… krik..krikk..krikk…

06.01.2012

Minggu-minggu ini adalah minggu yang ngebetein buat gw.. gimana gak ngebetein, disaat lo tau temen yang pas hamilnya barengan dan dia melahirkan duluan itu rasanya seperti lagi nungguin si pacar ngajakin nikah.. capek nungguin tapi ngebet juga… hahaha, HPL dari dokter cewe tanggal 3-4januari, kalo dengan si dokter ganteng itu tgl 11 januari. *kalo beneran lahirnya 11 januari bisa pakai backsound lagunya gigi yg 11 januari, sayangnya gagal*. Kontrol mingguan pun hasilnya tetep sama, monggo ditunggu sampai ngajakin lahir..*aku tak sabaran jadinya* alhasil mommy yg tidak sabaran ini pun harus turun berat badan sampe sekilo.. seneng tapi wasweswos yaaa… takut si baby inside kenapa-napa karena eykenya kelewat kepikiran dan berujung eyke jd ga doyan mamam. Hari itu jg akhirnya eyke usg 4d. Hahahaha… menjilat bibir sendiri.. kenapa?? karena eyke beneran kepikiran dan ketakutan kalo harus dibelek perutnya alias sesar. Eyke kan takut.. tapi akhirnya eyke sumringah jg sih liat si dede yg malu2 kucing nutupin mukanya pake tangan, jd close up mukanya didalam janin bener2 ga bisa diambil potonya… *udah bayar mahal,dia tutup muka*. Sempet periksa pembukaan juga, pake alat yg dimasukkan ke miss v. Hasilnya sudah masuk panggul dan tinggal 2cm menuju pembukaan… ahhhh, tau gini kan ga usah usg 4d aja. *manyun sendiri*. Untuk merayakan berita baik itu, pulang dari kontrol dokter capcus ke kerfur.. bukan mau belanja, tapi mau jalan keliling mal tempat tu kerfur berada. Hihihi *niattt*.

The Sign

Lagi asik-asiknya keliling mal, tiba2 eyke pengen pipis. Akhirnya lari kecil ke toilet, kelar pipis, liat celana ada flek dikit. Antara seneng dan takut. Buru-buru telpon mama, dan beliau bilang “itu udah ngajakin tuh. Jalan aja dulu, kalau masih bisa tahan sakitnya dan fleknya ga banyak mending jalan dulu biar cepet turun”. Alhamdulilah… akhirnya sebentar lagi kita mau bertemu untuk pertama kalinya nak..

Bersambung…

Posted from WordPress for Android

Happy Ied Mubarak 1434H

Assalamu alaikum wr.wb

image

Selamat Idul Fitri 1434H
Minal aidin wal faidin, mohon maaf lahir batin

Salam,
Rina & keluarga

Posted from WordPress for Android

%d bloggers like this: